Cara Sederhana mencari ide untuk membuat konten yang berkualitas


Seorang yang baru memasuki dunia blogging sering kali terkendala ide untuk membuat/membentuk sebuah konten yang menarik. Persoalan klasik yang sering mereka tanyakan adalah  “bagaimana membuat konten yang menarik dan berkualitas”.

Seperti kita ketahui bahwa kekuatan blog memang terletak pada kekuatan konten. 

Semua blogger pasti sependapat bahwa konten adalah raja atas sebuah blog.

Sebuah blog yang memiliki trafik tinggi rata-rata dikuasai oleh mereka yang benar-benar paham bagaimana membuat konten yang menarik dan berkualitas. 

Lalu kemudian kita akan bertanya, sebenarnya konten yang menarik dan berkualitas itu seperti apa. 

Kita tentu masih ingat bahwa segala sessuatu yang berkualitas pasti memiliki unsur: yang pertama yaitu memberikan manfaat, kedua memiliki nilai, dan ketiga menarik.
Jadi kaitannya dalam membuat konten adalah sebagai berikut:

1.      Konten haruslah memuat sesuatu yang memberikan manfaat.

Anda harus paham tentang hal ini. Karena ini point terpenting.

Segala sesuatu yang berkualitas adalah segala sesuatu yang bisa memberi manfaat. 

Ketika anda ingin membuat konten berkualitas haruslah diperhatikan apakah yang anda sajikan tersebut benar-benar bisa memberikan manfaat kepada orang tersebut, entah pribadi maupun komunitas atau tidak. Jika tidak ada manfaat dari konten yang anda buat maka dipastikan anda gagal membuat sebuah konten yang berkualitas. 

Konten yang bermanfaat adalah konten yang menyajikan suatu informasi yang memang dibutuhkan atau dicari orang lain, yang didalamnya mengandung solusi atas suatu permasalahan, panduan dalam melakukan sesuatu, atau juga berisi tentang suatu materi yang sedang mereka cari, dan semua itu bisa dengan mudah dipahami ataupun dipraktikan mereka.

Hal ini adalah hal terpenting, karena banyak sekali yang membuat konten asal-asalan. Yang akhirnya konten itu diabaikan.

 Contoh sederhanya adalah ketika anda ingin menulis tentang sebuah kiat menulis. Maka apa yang anda tuliskan haruslah bisa digunakan oleh mereka yang tidak bisa menulis. Ada tahapan yang anda bahas, mulai dari rencana/ide, kerangka, kemudian pengembangan, sampai membuat dan mengevaluasi dengan anda menyajian contoh secara jelas. Maka konten anda adalah konten berkualitas.

Jadi memang disitu ada informasi yang dibutuhkan orang yang tidak bisa menulis dan memang bisa dipraktekkan.

2.      Konten anda haruslah menarik 

Menarik bukan hanya tentang “apa yang anda sajikan atau seberapa bermanfaat informasi yang anda kemukakan, tapi mengenai bagaimana anda menyajikannya/menuliskannya ke pembaca”. Pada intinya adalah cara anda bertutur kata melalui tulisan.

Dalam hal apapun, ketika kita tak mampu menyajikan suatu hal secara menarik, secara sederhana dan mudah dipahami, maka dipastikan apa yang kita buat akan sia-sia. Karena pembaca adalah manusia seperti kita, haruslah kita menempatkan diri seperti mereka. Jadi apa yang kita tulis haruslah:

a.    Menggunakan bahasa sederhana yang mudah dicerna atau dipahami mereka
b.  Tulisan anda harus seolah-olah berbicara pada orang, bukan dengan komputer. Jadi bahasa yang digunakan harus santai seolah sedang berbicara namun dengan pembahasan yang mendalam.
c. Jangan menggunakan kalimat-kalimat asing yang justru akan membuat aneh pembaca. Kita itu manusia yang ingin diberi penjelasan yang singkat, padat dan jelas, tidak berbelit-belit dan penuh kalimat-kalimat asing

3.      Konten anda haruslah memiliki nilai

Setiap konten harus memiliki nilai lebih bagi pembaca. Itu penting sekali. Jika tidak ada nilai maka konten anda akan basi karena tidak memuat informasi yang bisa memberikan kepuasan pembaca.

Lalu nilai sebuah konten itu apa?

Ini sebenarnya perkara sederhana. Seseorang yang membaca sebuah konten pasti memiliki tujuan yang berbeda, dari tujuan itulah mereka menginginkan kepuasan terhadap apa yang anda sajikan.

Jika anda memuat tentang motivasi, maka haruslah konten anda bisa memotivasi mereka dengan kalimat-kalimat yang mempesona. Jika tulisan anda tidak bisa membuat mereka termotivasi, maka konten anda adalah sesuatu yang masih biasa. 

Inti dari memiliki nilai ini secara sederhana adalah pengunjung yang mendatangi dan membaca atau melihat konten anda memperoleh kepuasan, entah itu senang, terhibur, termotivasi, atau mendapatkan wawasan yang mendalam. Ada nilai yang terkandung dari setiap hal yang anda bahas. 

Unsur diatas merupakan unsur vital yang membangun sebuah konten yang berkualitas. Jika anda mencoba dan menerapkannya, maka tulisan anda akan memiliki nilai lebih walaupun anda belum benar-benar ahli. 

Dengan ketekunan anda menerapkan hal ini, saya rasa suatu saat anda akan menemukan ciri khas/authority anda yang selama ini belum tersusun secara baik. Percayalah bahwa anda bisa, karena mereka yang telah sukses pun pernah sama.

Tidak ada orang yang langsung menjadi besar, karena semua hal diawali dari hal yang kecil. Dan rata-rata orang seperti inilah yang akan terus bertahan dalam persaingan.

ADA BERBAGAI CARA UNTUK BISA MEMBUAT TULISAN YANG MENGANDUNG UNSUR DIATAS AGAR KONTEN ANDA BERKUALITAS.

Disini saya akan membuka sebuah rahasia yang umumnya kita abaikan terkait dengan konten berkualitas. 

Rata-rata blogger indonesia sekarang ini menulis sebuah konten blog ala kadarnya, copy paste kemudian dirubah sedikit, lalu posting. Jadi pembahasannya masih biasa-biasa saja. Karena tidak ada yang istimewa.

Itu adalah hal yang sah menurut saya, tapi itu tidak akan membuat anda menjadi blogger yang memilili brand. Dalam sebuah bisnis online, brand itu sangat penting. Karena brandlah yang membuat kita memiliki ciri khas yang beda denga blogger yang lainnya.

Ketika anda memiliki brand, maka dengan mudah anda akan menemukan visitor-visitor yang loyal kepada anda, dan itu penting sekali.

Untuk memiliki brand maka anda harusah unik dan beda.

Dalam online, keunikan ini terdapat pada  konten anda. Karena mereka mengenal anda melalui karya tulis anda.

Untuk membentuk konten yang unik dan beda haruslah membuat konten yang berkualitas. 

Kadang kita sebagai seorang pemula bingung dalam mencari ide sebuah konten. Ini yang sering kali membuat blogger mati kutu. Kehabisan ide dan akhirnya mandek/berhenti menulis. Padahal banyak sekali ide yang bertebaran diinternet.

Anda bisa menerapkan strategi yang saya gunakan untuk mendapatkan ide untuk menulis konten yang berkualitas. 

1.  Memanfaatkan forum/ komunitas. 

Banyak sekali forum/komunitas yang bertebaran diinternet. mulai dari forum di facebook, twiter, pinterest atau geogle+. Atau jika saya sering mampir dan lihat-lihat di forum kaskus, atau mencari secara langsung di search google “forum (niche)”. Biasanya akan muncul banyak sekali forum anda tinggal memilih.

Tapi disini Carilah komunitas sesuai dengan niche anda dan mulailah melihat-lihat apa saja yang mereka obrolkan, mereka bicarakan. Dari sanalah anda akan menemukan banyak ide yang akan lebih membuka wawasan anda. Karena tak jarang banyak hal yang kurang kita perhatikan saat hanya baca dari konten orang. Intinya forum sangatlah penting, selain membuka berbagai ide, banyak sekali informasi yang penting bagi perkembangan blog kita. Karena dibicarakan dalam bahasa santai maka kita lebih mudah memahaminya. 

2.  Menemukannya dari blogger senior atau kompetitor/kegiatan blogwalking

Mencari ide melalui proses mengunjungi situs orang lain adalah suatu kegiatan yang tidak boleh anda lewatkan, karena ini penting sekali. Selain sebagai sarana mencari ide atau gagasan, kegiatan ini juga bermanfaat untuk kemajuan blog anda. Karena dengan melihat blog orang/kompetitor maka anda juga sekaligus melakukan tindakan penelitian. Kenapa saya sebutkan penelitian, karena pada tahap ini secara tidak langsung anda melakukan proses meneliti apa saja yang dipostingkan oleh blog tersebut. Mempelajari kelebihan dan kekurangan mereka. 

Dalam kegiatan ini biasanya saya tidak hanya mengunjungi satu atau dua blog, tapi banyak blog yang sesuai dengan niche saya. Dengan menunjungi blog orang lain selain mencari ide juga sebagai sarana belajar memperdalam pengetahuan dan wawasan yang memang akan memberi banyak manfaat kedepan. 

3.  Mencari di search google/kotak pencarian google

Mencari pada search engine terutama google ini memang sangat membantu sekali dalam menemukan ide. Caranya pun cukup sederhana dan simple, kita hanya tinggal mengetikkan kata kunci tertentu. Misalkan dengan mengetikkan “cara....”. “tips.....” disesuaikan dengan niche kita tentunya. Dengan anda menerapkannya secara cerdas, maka anda akan menemukan berbagai ide yang bisa digunakan untuk membuat konten berkualitas.

Terkait dengan ini kadangkala ada yang menyarankan untuk meninggalkan cara ini karena dinilai berat untuk bersaing dalam keyword yang ketat, apalagi jika kita pemula. Namun menurut saya jika anda melakukan hal itu berarti anda adalah orang yang maunya setengah-setengah, tidak memiliki optimisme. 

Saya rasa anda tak perlu menurunkan target dengan mencari keyword yang memiliki persaingan sedikit. Jika anda memakai hal itu menurut saya akan susah sekali blog anda diketahui orang Karena memiliki keyword dalam pencarian yang rendah, alangkah baiknya anda berani bertarung dan berkompetisi, agar anda menjadi blogger yang memang profesional. Kesuksesan itu diraih dengan keuletan, dan kemauan anda untuk berani bersaing. Jika konten anda bagus, lambat laun blog anda pun akan semakin naik posisinya dan mungkin sekali bisa tampil terdepan.

4.  Membaca ulang setiap konten yang telah anda buat

Kegiatan ini bagi banyak blogger mungkin dianggap suatu kegiatan yang sepele, tapi nyatanya dengan melakukan ini pun anda bisa mencari ide untuk membuat konten yang berkualitas.

Anda mungkin akan bertanya caranya bagaimana?

Sederhana saja. Ketika anda telah melewati cara-cara menemukan ide anda di atas, tentu anda sudah paham apa saja yang dibahas, dipostingkan oleh mereka yang memiliki niche sama seperti anda. Maka anda bisa melihat kembali konten yang telah anda buat. Pastikan secara cermat, lalu kira-kira hal menarik apa saja yang belum anda kemukakan.  

Dengan anda melakukan ini, maka anda akan tahu apa saja yang terlewat dari anda, apa saja yang belum anda kemukakan dalam postingan anda. Maka anda akan menemukan ide untuk membuat konten tersebut. 

5.  Rehat sejenak dengan santai didepan rumah atau jalan-jalan

Cara ini mungkin sedikikit aneh, tapi memang sangat bisa membantu anda. Ketika anda terlalu banyak berhadapan dengan komputer, maka dipastikan anda akan sedikit pusing karena capek atau lelah menjalani aktifitas anda. Dalam kondisi seperti itu akan sulit rasanya mencari sebuah ide.

Maka ada baiknya anda istirahat sebentar dengan santai didepan rumah atau jalan-jalan. Biasanya dalam kegiatan ini kadang kala memunculkan ide yang bagus dan bisa anda gunakan untuk membuat konten anda. Karena dalam pikiran yang jernih sering kali ide-ide yang jarang kita pikirkan muncul secara spontan.

Ketika anda istirahat pun anda bisa melihat aktifitas sekitar. Ketika anda jeli, bukan hal yang mustahil melalui cara ini pun anda mencapatkan intuisi yaitu sebuah ide.

Menyusun kerangka ide menjadi sebuah konten yang berkualitas

Tahap inilah kita menyusun ide-ide yang telah kita dapatkan menjadi sebuah konten yang berkualitas. 

Perlu diingat kembali bahwa unsur vital sebuah konten yang berkualitas terletak pada tiga hal yang telah saya kemukakan diatas.

Tapi unsur tersebut tidaklah cukup untuk bisa membentuk sebuah konten yang memang memiliki kualitas bagus. Karena pada dasarnya kita baru memiliki ide tersebut, dan kita masih dipersoalkan bagaimana cara membuat ide tersebut menjadi sebuah tulisan. 

Disini ada tahapannya bagaimana sebuah ide bisa menjadi sebuah karya tulis. 

Anda tentu masih ingat tentang pelajaran bahasa indonesia bagaimana caranya membuat sebuah kerangka karangan bukan.

Point penting dalam membentuk sebuah konten berkualitas adalah memahami kerangka tersebut. Sebelum ide terbentuk menjadi sebuah konten maka anda haruslah mencatat pokok-pokok penting yang akan anda kembangkan. Pokok-pokok inti inilah yang kita gunakan untuk membentuk kerangka. 

                              I.   Judul:........
                              II.  Point-point penting.....
(a)   ......
(b)   ,.......
(c)    ........dll.
                            III.  penutup

Perlu dipahami poin-poin yang anda buat haruslah beda dari blog yang anda jadikan rujukan, bukan sekedar mengubah susunan urutan atau mengedit saja, akan tetapi melengkapinya dengan berbagai konten lain sejenis namun masih dalam pembahasan yang sama yang bisa mendukung konten anda. 

Anda dalam hal ini harus menyusunnya dengan cara yang baru, dengan muatan informasi lebih banyak dan lengkap, serta menggunakan bahasa yang lebih mudah dipahami. Sehingga ketika anda menerapkan hal itu, orang akan lebih jelas dengan informasi yang anda sajikan dan mereka mendapati bahwa konten anda memang berkualitas.

Dan terakhir jangan melupakan tentang penutup. Penutup adalah daging yang enak yang harus anda bagikan, yaitu berupa kata-kata letupan yang bisa membangkitkan emosi mereka untuk mengatakan bahwa apa yang anda katakan memang benar.

Strategi diatas merupakan sebuah cara, apabila anda berusaha bukan hal yang mustahil apa yang anda lakukan akan memberikan hasil yang signifikan. 

Semuanya cara tersebut bisa dilakukan dengan mudah, caranya Cuma satu “berusaha” kawan. wassalam