mindset: menjadi blogger sukses
#TAHAP PERTAMA: BAGAIMANA MEMULAI ?
Ketika kita akan Mulai ngeblog, kita umumnya dibingungkan oleh persoalan
yang klasik, yaitu cara agar bisa menjadi blogger sukses. Cara memperoleh uang
dari blog, atau cara memonetize blog.
Lalu kita mulai mengetik berbagai cara dan tips untuk mencapai tujuan
tersebut.
kita sangat tertarik pada cerita-cerita blogger senior yang sangat mudah
memonetize blog mereka. Anda melihat kumpulan konten membahas cerita yang sama namun penyampaiannya beda. Maka anda memasuki ruang
mereka, dan melihat lebih dalam bahwa semua cerita yang disajikan tersebut
sepertinya mudah.
Hal tersebut anda lakukan terus menerus,mencari dan mencari. Tapi
kenyataannya anda semakin bingung tak tahu harus memulai dari mana.
Hingga akhirnya anda sadar bahwa hal itu sulit tidak seperti cerita dan
membuat anda menyerah.
Hal ini terjadi karena anda belum memahami sepenuhnya cara mereka, padahal
untuk sukses sederhana saja. fokus dan konsisten pada apa yang akan anda tujuan.
blogger-blogger yang sukses adalah orang-orang yang sudah lama terjun di dunia blog. mereka menjadi sukses bukan karena menerapkan strategi ampuh seperti yang sering kali di gembbar-gemborkan para internet marketing.
cara mereka cuma sederhana, yaitu fokus dan konsisten pada apa yang mereka lakukan.
para blogger sukses, sebelum menjadi sekarang jugapernah menjadi seorang pemula, tapi yang membedakan dari kebanyakan blogger lainnya adalah mereka berani konsisten, Berani melakukan aktifitas blogging selama beberapa bulan tanpa dibayar, keyakinan dan fokus itulah yang menjadi kekuatan mereka.
sebenarnya tak ada cara ampuh, atau strategi yang jenius, tapi cuma satu hal yang merreka lakukan, fokus dan konsisten pada dunia yang mereka lakukan. ketekunan pada berbagai hal apapun selalu akan menghasilkan.
contoh sederhananya adalah seorang pengusaha sukses dibidang property. mereka bisa sukses disana, karena memang mereka fokus dan menekuni bidang itu dan juga belajar selama menjalaninya. andaikan mereka beralih dari tujuannya, dengan meninggalkan bidang usaha mereka. maka mereka tak akan menjadi pengusaha sukses.
Menjadi blogging pun sama. anda tak perlu mempunyai bakat yang jenius, intelektual yang jenius, dua hal anda butuhkan yaitu fokus dan mau belajar.
Maka mulailah tekuni blog anda, jangan pernah menyerah.
Mungkin satu bulan, dua bulan, tiga bulan bahkan satu tahun anda tak dibayar. tapi suatu saat anda akan memperoleh hasil dari ketekunan anda. karena kesuksesan itu tak dapat didapat secara instan, tapi perlu kekuatan yang membangunnya, yaitu belajar fokus.
blogger-blogger yang sukses adalah orang-orang yang sudah lama terjun di dunia blog. mereka menjadi sukses bukan karena menerapkan strategi ampuh seperti yang sering kali di gembbar-gemborkan para internet marketing.
cara mereka cuma sederhana, yaitu fokus dan konsisten pada apa yang mereka lakukan.
para blogger sukses, sebelum menjadi sekarang jugapernah menjadi seorang pemula, tapi yang membedakan dari kebanyakan blogger lainnya adalah mereka berani konsisten, Berani melakukan aktifitas blogging selama beberapa bulan tanpa dibayar, keyakinan dan fokus itulah yang menjadi kekuatan mereka.
sebenarnya tak ada cara ampuh, atau strategi yang jenius, tapi cuma satu hal yang merreka lakukan, fokus dan konsisten pada dunia yang mereka lakukan. ketekunan pada berbagai hal apapun selalu akan menghasilkan.
contoh sederhananya adalah seorang pengusaha sukses dibidang property. mereka bisa sukses disana, karena memang mereka fokus dan menekuni bidang itu dan juga belajar selama menjalaninya. andaikan mereka beralih dari tujuannya, dengan meninggalkan bidang usaha mereka. maka mereka tak akan menjadi pengusaha sukses.
Menjadi blogging pun sama. anda tak perlu mempunyai bakat yang jenius, intelektual yang jenius, dua hal anda butuhkan yaitu fokus dan mau belajar.
Maka mulailah tekuni blog anda, jangan pernah menyerah.
Mungkin satu bulan, dua bulan, tiga bulan bahkan satu tahun anda tak dibayar. tapi suatu saat anda akan memperoleh hasil dari ketekunan anda. karena kesuksesan itu tak dapat didapat secara instan, tapi perlu kekuatan yang membangunnya, yaitu belajar fokus.
# TAHAP KEDUA: PANDANGAN TENTANG TUJUAN ANDA MEMBUAT BLOG DAN MENENTUKAN
TEMA BLOG/NICHE BLOG
Dalam bisnis apapun, termasuk dunia blogging, yang selalu menjadi tujuan
utama adalah mendapatkan penghasilan. Walaupun ada juga yang membuat blog Cuma sekedar senang-senang.
Tapi perlu dipahami jika anda ingin sukses di dunia blog maka anda harus
menentukan tujuan anda secara jelas, jika anda tidak memiliki tujuan yang jelas
dipastikan blog anda akan sulit berkembang.
Tujuan anda haruslah mendapat penghasilan, bukan tujuan yang
lain. Tapi untuk sebuah pendapatan ini bukan suatu pekerjaan instan, tapi memerlukan perjuangan, yaitu ketekunan anda.
Maka ketika anda memiliki tujuan untuk memperoleh penghasilan, berarti anda
harus paham apa yang menjadi target anda kedepan. Apa yang anda tuliskan,apa
ilmu yang akan anda sampaikan dalam blog anda.
Apapun yang anda nanti tuliskan haruslah bukan tulisan mengenai passion
anda, tetapi tulisan yang memang benar-benar banyak dicari orang. INFORMASI
yang memang dibutuhkan orang lain.
Maka disini kita harus benar-benar jeli melihat apa yang banyak dicari
orang di internet. Lihatlah hal itu, cari apa yang dibutuhkan mereka. Dimana
dari informasi yang mereka cari tersebut membuat mereka berani mengeluarkan
uang.
Jika apa yang anda tulis hanya sekedar basa-basi, dan dari tulisan anda
tidak bisa membuat orang mau mengeluarkan uang sepeserpun, maka dipastikan apa
yang anda sampaikan tidak akan menjadikan anda menjadi blogger sukses.
Pengiklan itu sangat pintar dalam menilai blog. Jika blog anda hanya
biasa-biasa kemungkinan untuk mendapat penghasilan yang banyak akan sangat
sulit. Karena mereka akan memberi komisi yang sangat sedikit kepada anda,
karena blog anda tidak bisa menjual.
Tetapi ketika blog anda memuat konten yang berguna bagi banyak orang dan
disitu akan mendatangkan uang yang banyak bagi pengiklan, dipastikan blog anda
akan menjadi incaran pengiklan dan anda bisa sukses menjadi publisher iklan.
Maka buatlah tema/topik yang memiliki prospek cerah, yang mana orang berani
mengeluarkan uang dari informasi yang anda sampaikan. jika tidak ada uang yang
mengalir, berarti topik tersebut tak layak anda buat.
Entah anda percaya atau tidak, kenyataannya yang terjadi adalah mereka yang
sukses selalu membuat tema yang memang memiliki prospek bisnis yang bagus.
Mereka yang sukses adalah orang-orang yang tidak menulis konten terkait passion
atau dunia mereka, tetapi membuat konten yang memang bisa dijadikan bisnis.
# PERSAINGAN YANG KETAT ITU SEHAT, DAN DISANALAH PELUANG SEBENARNYA, BUKAN
YANG LAIN.
Ketika saya melihat berbagai konten yang ada dimedia online, kebanyakan para internet marketer menyuruh kita untuk mencari ide yang benar-benar
brilian yang mana belum banyak diketahui orang.
Kita pun menelan secara mentah-mentah dan meyakininya saja tanpa berpikir
panjang, karena yang berbicara kepada kita adalah orang yang sudah ahli/senior.
Lalu kita mencarinya dengan berpikir ratusan kali, menimbang ini itu,
melihat keadaan sekitar, bahkan mungkin melakukan perjalanan untuk mencari
sebuah ide yang briliant. kira-kira apa yang harus kita lakukan. Kita
disibukkan berbagai pemikiran bahwa sesuatu yang bagus adalah sesuatu yang tidak
banyak diketahui orang lain.
Maka ketika kita menemukan sesuatu yang unik, atau dibilang konten lokal
maka kita akan anggap bahwa itu peluang yang cerah. Kita kemudian
seolah menemukan sebuah hadiah yang melimpah. Apakah benar demikian?
Apakah benar itu, apakah kita harus bersusah payah mencari sebuah ide untuk
konten kita yang didalamnya tidak ada persaingan yang ketat.
Nyatanya bukan seperti itu?
Jika anda ingin blog anda bisa menjadi sebuah bisnis,
maka anda juga harus melihat faktor-faktor yang membuat sesuatu bisa dikatakan
sebagai bisnis, yaitu:
1. Adanya permintaan pasar. (Adakah orang yang peduli?)
2. Adanya motivasi pasar. (Adakah orang yang mencari informasinya? Atau,
apakah orang-orang cukup termotivasi untuk mengatasi masalah mereka?)
3. Adanya permintaan akan solusi. (Inilah yang membuat anda memiliki
ide mengenai produk yang bisa ditawarkan)
4. Adanya uang yang berpindah tangan. (Apakah sudah ada orang lain yang
menjual di pasar itu? Jika ada – apalagi kalau banyak, maka itu membuktikan
jika orang-orang memang rela membuka dompet mereka)
Perlu anda ketahui bahwa Sesuatu topik yang jarang ada kompetitor atau
persaingan berarti hal tersebut adalah sesuatu yang biasa saja. Hal yang
diabaikan orang, karena tidak memiliki peluang. Maka ketika anda menuliskannya,
tidak akan ada yang peduli pada anda.
Lebih bagus pilihlah niche yang benar-benar terbukti. Yang memiliki faktor
seperti di atas.
Niche yang sudah terbukti dan memang mendatangkan penghasilan adalah yang
terbaik, walaupun disana ada persaingan ketat, tapi untuk sukses hanya orang
yang berani berkompetisilah yang akan meraih keberhasilan.
mantap gan artikelnya, semoga bermanfaat,
BalasHapus